Kamis, 05 April 2012

Banyak Duduk Memperpendek Usia

Umur tidak ada yang tahu, kecuali Tuhan. Namun, menurut penelitian sejumlah ilmuwan, terlalu banyak duduk meningkatkan resiko kematian seseorang.


 




Hidde van der Ploeg dari Universitas Sydney memimpin penelitian terhadap lebih dari 200.000 orang berusia 45 tahun ke atas pada tahan 2006 sampai 2008. Hasil penelitian yang telah dipublikasikan di Archives of Internal Medicine (26/03/2012) itu mendapati, bahwa orang yang dilaporkan duduk sedikitnya 11 jam perhari, sebanyak 40 persen cenderung lebih cepat meninggal dunia dibanding yang duduk kurang dari empat jam setiap hari, selama penelitian itu dilakukan.

Van der Ploeg mengatakan, terlalu banyak duduk dapat mempengaruhi pembuluh darah dan metabolisme tubuh, sebab jumlah lemak dalam darah naik dan kolesterol baik di dalam tubuh menurun.
“Saat Anda berdiri atau berjalan, otot-otot Anda secara terus-menerus bekerja, sehingga membantu mengurangi kadar gula dan lemak dari sistem peredaran darah,” kata Van der Ploeg. “Jika Anda duduk, hal itu tidak terjadi, sebab otot-ototnya tidak bekerja,” jelas wanita itu, sebagaimana dilansir Reuters
Menurut Mark Tremblay, peneliti obesitas dan aktivitas di Rumah Sakit Anak Ontario Timur di Kanada, temuan di atas sesuai dengan hasil penelitian lain yang menjelaskan akibat dari terlalu banyak duduk bagi kesehatan.
“Duduk atau bersandar, khususnya di depan layar (tv, komputer, misalnya-red), tidak baik bagi kesehatan, tidak peduli berapapun usia Anda,” kata Tremblay, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.
Berolahraga 30 menit lima kali dalam seminggu, kata Tremblay, tidak menjamin seseorang yang banyak duduk akan terhindar dari penyakit kronis.
Baik Tremblay maupun Van der Ploeg menyarankan agar orang-orang yang banyak melakukan aktivitas kerja di balik meja, menyelingi aktivitas kantornya dengan gerak aktivitas seperti berdiri, berjalan sambil menerima telepon atau melongok untuk menyapa rekan kerja yang ada di sekitarnya.
Tremblay menyarankan agar alat bantu kerja seperti mesin fax tidak diletakkan dalam jarak yang sangat dekat, melainkan diposisikan agak jauh dari tempat duduk. Hal ini dimaksudkan agar pekerja kantor yang banyak duduk memiliki kesempatan untuk menggerakkan ototnya di sela-sela waktu kerja.

Sumber : Hidayatullah

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...