Jumat, 12 Agustus 2011

Rokok Lebih Beresiko Bagi Wanita Dibanding Pria


Perokok di Indonesia jumlahnya cukup banyak, tidak hanya pria, perempuan pun tak sedikit yang merokok. Segala aturan sudah dibuat untuk membatasi orang untuk merokok. Bahkan ada yang telah memfatwakan haram buat rokok. Tetapi anehnya para pecandu rokok jumlahnya tidak juga berkurang, bahkan semakin banyak, termasuk juga dilakukan oleh anak-anak dibawah umum.

Ternyata, menurut review lebih dari 30 tahun penelitian terhadap wanita perokok ternyata wanita yang kebiasaan mulai merokok dapat meningkatkan risiko serangan jantung lebih berbahaya daripada  laki-laki. Belum lama ini  sebuah studi yang diterbitkan di Lancet dilakukan terhadap 2,4 juta menunjukkan perbedaan 25 persen meningkatkan resiko .
British Heart Foundation mengatakan bahwa temuan ini "mengkhawatirkan" terutama karena perempuan cenderung merokok lebih sedikit. Organisasi Kesehatan Dunia menempatkan penyakit jantung sebagai pembunuh terbesar di dunia, yang mempengaruhi lebih dari tujuh juta orang setiap tahun.
Seperti diberitakan BBC Kamis (11/8) penyakit ini sebagian besar karena  pilihan gaya hidup, dan merokok merupakan salah satu penyebab utama. Sebuah studi oleh University of Minnesota menunjukkan pada wanita merokok mengandung lebih besar risiko daripada pria.
Analisa ini dari 75 set data yang dihasilkan oleh studi antara tahun 1966 dan 2010.
Laporan tersebut menunjukkan bahwa: "Wanita memiliki risiko meningkat signifikan 25% untuk penyakit jantung koroner yang dilakukan karena merokok dibandingkan dengan laki-laki.
Sumber : Khalifah

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...